Halaman

Studi Kasus - Instalasi Jaringan WLAN Pada Ruang Guru SD Xaverius Ambon

   



Studi kasus saya kali ini bertempat di SD Xsverius Ambon tepatnya  pada ruanganGuru. Alasan saya memilih ruang guru, karena pada ruangan guru  belum terdapat jaringan WLAN sehingga dalam mengakses sebuah data/informasi sangatlah sulit, Kelebihan yang didapat dalam mengggunakan jaringan WLAN antara lain, 

  1. Dapat  berbgai file satu sama lain, sehingga mempermudah para guru dalam bertukar informasi
  2. Dapat dinggunakan kapan saja
  3. Bisa dinggunakan di berbagai Platform, misalnya : (HP, Laptop, TV, dll)
  4. Menghemat Biaya,Waktu dan Tempat
  5. Jangkauaan Yang Cukup Luas - dengan bantuan Penguat Signal.


   Untuk studi kasus ini saya menggunakan topologi Basic Service Sets (BSSs) karna menghubungkan beberapa client dengan menggunakan AccessPoint, sehingga meminimalkan proses delay dalam meengambil sebuah informasi.


Alat-alat yang akan saya gunakan adalah sebagai berikut :
  1. Server
  2. Router
  3. Switch
  4. AcessPoint
  5. Repeater
  6. Client (Laptop / Hp)

Disini saya merancang denanhnya  dengan menggunakan  Microsft Visio, karena lebih fleksibel dan efisien dalam membuah denah maupun topologi yang akan dinggunakan




Penejelasan :


SERVER

Merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Peladen didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Peladen juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya contoh sepertihalnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.


ROUTER

Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing


SWITCH
suatu perangkat yang berfungsi sebagai pengatur dan pembagi sinyal data dari suatu komputer ke komputer lainnya yang terhubung pada perangkat tersebut, fungsi tersebut sama dengan fungsi HUB yang menjadi perbedaan adalah switch bisa melakukan pengaturan berupa proses filter paket data. Biasanya masing-masing port pada switch bisa disetting sehingga bisa ditentukan port mana saja yang bisa saling terhubung.


ACCESSPOINT

sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote,  sehingga dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung jaringan Internet.


REPEATER

Adalah alat yang dimggunakan untuk menguatkan signal. Dengan alat ini, signal yang lemah dapat ditingkatkan daya jangkaunya sehingga dapat digunakan untuk cakupan wilayah yang lebih luas.
alasan saya menggunakan repeater karena :

  1. Memperluas daya jangkau signal server 
    Fungsi yang pertama dari alat ini adalah untuk memperluas daya jangkau singnal. Jika signal lemah, maka daya jangkaunya akan lebih sempit, sedangkan ketika signal kuat maka daya jangkaunya akan lebih luas.
  2. Mengcover berbagai wilayah minim signal dari serverDengan menggunakan repeater, maka daerah yang minim signal dapat dapat lebih mudah untuk mendapatkan signal. Hal ini dikarenakan, signal yang lemah dibuat menjadi lebih kuat oleh alat ini.
  3. Memudahkan akses signal WiFiDengan signal yang lebih kuat tentunya para pengguna perangkat yang membutuhkan signal dapat lebih mudah mengakses signal tersebut. Salah satu penerapan dari alat ini adalah pada signal WiFi.
  4. Meneruskan dan memaksimalkan signalFungsi yang keempat adalah meneruskan dan memaksimalkan signal. Dalam fungsi ini, repeater bekerja dengan cara menangkap, mengelola, memperbesar, dan meneruskan signal ke berbagai perangkat jaringan yang ada di sekitar alat ini.
  5. Memudahkan proses pengiriman dan penerimaan dataDengan signal yang lebih kuat proses pengiriman dan penerimaan data antar sesama pengguna perangkat jaringan ataupun yang melalui jaringan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Hal ini dapat diibaratkan seperti halnya ketika mobil melaju di jalan tol (ketika menggunakan repeater).
  6. Meminimalisir penggunaan kabel jaringanSistem kerja dari repeater adalah melalui signal wireless. Dengan menggunakan alat ini, maka penggunaan kabel yang ribet dan semrawut dapat dihindari.

Demikian Studi Kasus Yang Dapat Saya Bagi Kepada Kalian, Terima Kasih

1 komentar: